Nama : Siti Ropikiyah No. Peserta : 19121202710007 19121202710007 Forum Diskusi Modul 3 KB 1 Kepada Yth. Bapak Muncarno.
1. Klasifikasi bilangan beserta contohnya, yaitu : a. Bilangan kardinal Bilangan kardinal menyatakan hasil membilang (berkaitan dengan pertanyaan berapa banyak). Bilangan kardinal juga digunakan untuk menyatakan banyaknya anggota suatu himpunan. Contoh: ibu membeli 3 keranjang buah-buahan.
b. Bilangan ordinal Bilangan ordinal menyatakan urutan dari suatu objek. Contoh: mobil yang ke 3 di halaman itu berwarna hitam. c. Bilangan asli Bilangan asli juga disebut dengan Natural Numbers . Himpunan bilangan asli = {1,2,3,4,...}. Bilangan asli dapat digolongkan menurut faktornya yaitu: bilangan genap, bilangan ganjil, dan bilangan prima. d. Bilangan komposit Bilangan komposit adalah bilangan asli yang memiliki lebih dari 2 faktor. Suatu bilangan bulat positif dinamakan bilangan komposit jika bilangan itu mempunyai pembagi lain kecuali bilangan itu sendiri dan 1. Himpunan bilangan komposit = {4,6,8,9,10,12,14,...} {4,6,8,9,10,12,14,...} e. Bilangan cacah Bilangan cacah dapat disefinisikan sebagai bilangan yang digunakan untuk menyatakan kardinalitas suatu himpunan. Himpunan bilangan cacah = {0,1,2,3,...}. f. Bilangan sempurna Bilangan sempurna adalah bilangan asli yang jumlah faktornya (kecuali faktor yang sama dengan dirinya) sama dengan bilangan tersebut. Contoh: 6 dan 28. g. Bilangan bulat Himpunan yang merupakan gabungan dari himpunan bilangan asli dengan lawannya dan juga bilangan nol disebut himpunan bilangan bulat. Himpunan bilangan bulat = {...,-3,-2,1,0,1,2,3,...} h. Bilangan rasional
Titles you can't find anywhere else
Try Scribd FREE for 30 days to access over 125 million titles without ads or interruptions! Start Free Trial Cancel Anytime.
Titles you can't find anywhere else
Try Scribd FREE for 30 days to access over 125 million titles without ads or interruptions! Start Free Trial Cancel Anytime.
Bilangan rasional adalah bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk, dengan a dan b bilangan bulat, b 0 (a dan b dipersyaratkan tidak memiliki faktor sekutu kecuali 1, setelah disederhanakan). i. Bilangan irasional Bilangan irasional adalah bilangan yang tidak dapat dinyatakan sebagai perbandingan bilangan-bilangan bulat a dan b, dengan b 0. Bilangan irasional ir asional bukan merupakan bilangan bulat dan juga bukan merupakan bilangan pecahan. Jika bilangan irasional ditulis dalam bentuk desimal, bilangan itu tidak mempunyai mempunyai pola yang teratur. j. Bilangan real Bilangan real adalah gabungan antara himpunan bilangan rasional dengan bilangan irasional. k. Bilangan kompleks Himpunan bilangan kompleks dapat didefinisikan sebagai pasangan terurut (a,b) dengan a, b bila ngan kompleks adalah a + bi. ∈ R atau K = {z I z = (a,b), a, b ∈ R bentuk umum bilangan 2. Media yang cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran bilangan bulat, pecahan dan persen.
Mempelajari matematika tidak terlepas dari bilangan. Salah satu materi dari bilangan ini adalah bilangan bulat, pecahan, dan persen. Pecahan memiliki arti bagian dari sesuatu yang utuh. Dalam ilustrasi gambar, bagian yang dimaksud adalah bagian yang diperhatikan yang biasanya ditandai dengan adanya arsiran. Bagian yang diarsir ini disebut pembilang dan bagian yang utuh disebut penyebut (Heruman, 2010 : 43). Berdasarkan hasil tes NAEP secara konsisten telah menunjukkan bahwa para siswa memiliki pemahaman yang sangat lemah pada konsep pecahan (Wearne & Kouba (2000) dalam Van De Walle, 2008 : 35). Kekurangan ini mengakibatkan kesulitan dalam hal perhitungan dengan konsep-konsep matematika yang lainnya seperti operasi hitung pecahan, desimal, persen, rasio, proporsi, dan lain-lain. Oleh karena itu, siswa memerlukan alat bantu berupa media untuk menanamkan konsep dan memperjelas materi serta siswa diberikan kesempatan belajar melalui dunia nyata dengan manipulasi benda-benda nyata sebagai perantara. Dengan tumbuhnya motivasi belajar dan kemudahan dalam memahami pelajaran matematika ini agar memperjelas pemahaman siswa sehingga pada saat menghadapi soal-soal siswa mampu mengerjakannya dan hasil belajar siswa akan lebih baik. Salah satu untuk membantu siswa memahami konsep operasi hitung penjumalahan ataupun pengurangan dapat dibantu dengan menggunakan media koin 2 sisi ataupun dengan garis bilangan. Adapun penggunaan media pembelajaran mika transparan efektif dalam materi penjumlahan pecahan baik berpenyebut sama maupun tidak sama. Selain itu
Titles you can't find anywhere else
Try Scribd FREE for 30 days to access over 125 million titles without ads or interruptions! Start Free Trial Cancel Anytime.
kartu permainan yang disajikan yaitu kartu permainan persen-pecahan dan pecahan senilai. Setiap kartu memiliki dua bagian yang berisi soal-soal yang harus diselesaikan oleh pemain. Jumlah kartu dapat disesuaikan dengan jumlah kartu donimo atau kartu lainnya. Kegunaan kartu ini untuk melatih pemain (siswa) dalam mengubah persen ke pecahan dan sebaliknya. Setiap kartu terdiri dari bagian persen dan pecahan. Permainan ini dimainkan oleh 2, 3 atau 4 orang. Kartu dikocok terlebih dulu dulu lalu dibagi dibagi kepada pemain masing-masing sebanyak 5 atau 6 kartu. Buka satu kartu dari tumpukan kartu yang sisa. Selanjutnya secara bergantian pemain menyambung susunan kartu, misalnya untuk kartu pecahan biasa disambung dengan persen yang sesuai, dan sebaliknya. Atau kartu pecahan campuran disambung dengan nilai pecahan desimal yang sesuai, dan sebaliknya. .