Forum Diskusi M2 KB2 STRATEGI STRATEGI PEN INGKAT INGKATAN PROFESIONALISME BERKELANJUTAN
1. Apa yang Anda Anda ketahui ketahui tentang tentang pengembangan pengembangan profesional profesional guru? Guru harus mampu menyesuaikan diri secara responsive, arif, dan bijaksana terhadap tantangan global tersebut sehingga mampu berperan dalam menghasilkan pendidikan berkualitas dan berkarakter. Impelentasi guru professional berkarakter akan dapat dilihat dari pelaksanaan kompetensi yang dimilki dalam kehidupan seharihari baik kompetensi pendagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional. Hanya guru professional berkarakter yang dapat menghasilkan peserta didik berkualitas dan berkarakter. Salah satu cara strategis dalam membagun guru professional berkarakter di era globalisasi dilakukan melalui pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi merupakan kegiatan guru sebagai buk riil keprofesiannya dalam menerapkan kompetensi pendagogik, kompetensi professional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian. Pada pembelajaran inilah guru perlu perlu mengemba mengembangka ngkan n nilai-nila nilai-nilaii karakt karakter er dalam dalam dirinya dirinya agar agar dapat dapat membent membentuk uk siswa berkarakter. Guru dak hanya menjadi pendidik dan pengajar bagi siswa, namun mereka mampu menjadi teladan bagi siswa.
2. Bagaimana Anda mengembangkan mengembangkan profesional profesional Anda sendiri? Stra Strate tegi gi peng pengem emba bang ngan an prof profes esii guru guru yait yaitu u deng dengan an cara cara meng mengem emba bang ngka kan n dan dan meningkatkan kompetensinya supaya terciptalah proses belajar mengajar efekf yang dibukkan dibukkan dengan kualitas hasil belajar siswa. Pemerintah Pemerintah hingga saat ini telah membuat kebijakan kebijakan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan tersebutmelalui program serkasi serkasi dan komunitas belajar kelompok seper Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Selain itu, Uji Kompetensi Guru (UKG) dilakukan untuk menge mengeta tahui hui ngka ngkatt kompet ompetens ensii guru guru dan memet memetak akan an kebut kebutuha uhan n penge pengemba mbang ngan an kompetensi guru. Pada faktanya, dengan segala kekurangan dan kelebihan pada masingmasing program, tetapi masih ada juga guru yang menunjukkan menunjukkan kualitas rendah. Movasi merupakan salah satu faktor utama penyebab rendahnya kualitas tersebut. Oleh sebab itu, dengan memberikan dorongan movasi bagi para guru untuk mengembangkan mengembangkan diri meru merupa paka kan n hal hal pen penng ng.. Jika Jika mov movas asii pada pada guru guru tela telah h tumb tumbuh uh,, peng pengem emba bang ngan an kompetensi guru dapat dilakukan secara mandiri oleh guru tersebut.
M2 KB2 Forum: STRATEGY STRATEGY FOR INCREASING SUSTAINABLE SUSTAINABLE PROFESSIONALISM
1. What do you know about teachers teachers professional professional development? development?
Teachers must be able to adapt responsively, wisely, and wisely to the global challenges so that that they they can can pla play a role role in prod produc ucin ing g qual qualit ity y educ educa aon on and and char charac acte terr. The The implementaon implementaon of professional professional character teachers will be seen from the implementaon of compe compete tenci ncies es posses possessed sed in daily daily life life both both pendag pendagogi ogik k compet competenc ence, e, person personali ality ty compe compete tence nce,, social social compe compete tence nce,, and prof profess ession ional al compet competenc ence. e. Only Only prof profess ession ional al teachers with character can produce quality students and character. One strategic way to build professional teachers with character in the era of globalizaon is through learning. Learning acvies carried out by teachers, starng from planning, implementaon, and evaluaon are teacher acvies as real proof of their profession in applying pendagogik compe compete tenci ncies, es, prof profes essio siona nall
compet competenc encies ies,,
social social compe compete tenci ncies es,,
and person personal ality ity
competencies. In this learning the teacher needs to develop character values in him in order to form students with character. The teacher is not only an educator and teacher for students, but they are able to be role models for students.
2. How would would you develop develop your your own professio professionally? nally?
The The teach teacher er prof profes essio sional nal develo developm pment ent stra strate tegy gy is by develo developin ping g and enhanc enhancing ing competence so that eecve teaching and learning processes are created that are proven by the quality of student learning outcomes. The government to date has made policies as an eort to meet these needs through cercaon programs and group learning communies such as the Teacher Working Group (KKG) and Subject Teacher Consultaon (MGMP). In addion, the Teacher Competency Test Test (UKG) is conducted to determine the teacher's competency level and map the teacher's competence development needs. In fact, with all the disadvantages and advantages in each program, but there are sll teachers who show low quality. Movaon is one of the main factors causing the low quality quality.. Theref Therefore, ore, by providing providing movaon movaon encoura encourageme gement nt for teacher teacherss to develop develop themselves is important. If movaon in the teacher has grown, the development of teacher competencies can be done independently by the teacher.