Pembumian Berbentuk Jaringan Pada Gardu IndukFull description
ppgFull description
FORUM DISKUSIFull description
Forum Diskusi M5 KB1Full description
tugasFull description
fordis m2 kb2Full description
Diskusi M2 KB2Full description
tugas analisis videoFull description
Forum Diskusi m3 Kb1Full description
PPG DALJABFull description
Full description
Full description
Deskripsi lengkap
jawaban diskusi Forum m2 Kb 2Full description
Kajian yang dilaksanakan Deutze Gesselschaft Fur Internationale (2016) eneukan !ah"a #utu lulusan $#K di Indonesia secara ideal ditentukan !erdasarkan %ada %enguasaan $tandar Ko%etensi Kerja &asional Indonesia($KK&I)' keudian dengan !erdasarkan standar ko%etensi terse!ut diruuskan suatu siste %engujian dan sertifikasi $ayangnya' kenyataannya di la%angan' diteukan fakta !ah"a tidak seua %rogra keahlian di $#K telah tersedia $KK&Inya' !e!era%a $KK&I yang sudah ada%un' !elu terefleksikan dala kurikulu $#K *e!era%a u%aya telah dilakukan untuk einialisasi kesenjangan ko%etensi kerja lulusan $#K dengan ke!utuhan dunia usaha+dunia industri antara lain elalui %enyusunan skea sertifikasi !agi lulusan $#K dengan eli!atkan asosiasi %rofesi dan D,+DI au%un %elaksanaan uji ko%etensi -al terse!ut di atas dise!a!kan %ula karena kurangnya %eli!atan Dunia ,saha dan Dunia Industri (D,DI) dala %enyusunan kurikulu $#K' hal ini se!agaiana hasil kajian yang dilaksanakan .endahnya ketersera%an tenaga kerja lulusan $#K dise!a!kan !er!agai ko%onen' faktor utaanya diantaranya yaitu kurikulu' tenaga %engajar' infrastruktur dari %endidikan kejuruan yang diselenggarakan Dari %ihak %enyedia la%angan kerja yaitu Dunia ,saha dan Dunia Industri (D,+DI) engeluhkan akan kualifikasi lulusan $#K yang !elu sesuai dengan tuntutan D,+DI' sehingga konse% link and atch !elu terca%ai ,ntuk itu %erlu adanya %enataan atau restrukturisasi %endidikan kejuruan !aik dari kurikulu' tenaga %engajar' %o%ulasi julah dan juga infrastrukturnya agar da%at enghasilkan tenaga kerja yang sesuai dengan %erintaan D,+DI' dengan kata lain %enyelenggaraan %endidikan kejuruan yang seula enggunakan %endekatan su%%ly dri/en enjadi deanddri/en Di lain %ihak' .e/olusi Industri engalai %eru!ahan dengan ce%at' setelah engalai %eru!ahan yang terkenal dengan .e/olusi Industri ketiga (era esin dan digital)' %ada .e/olusi Industri kee%at (0) ini esin dan %eralatan digital terse!ut akan !erhu!ungan satu saa lain dan saling !erkait $iste %erada!an anusia juga akan engalai %eru!ahan drastis seiring .e/olusi Industri kee%at %ada a!ad 21 ini Kreatifitas dan Ino/asi yang dihasilkan secara asif !ertujuan !ukan hanya eenuhi ke!utuhan anusia (needs)' naun sudah e!idik %asar di atas ke!utuhan' yaitu keinginan ("ants) $eua yang dahulu asih ada dala !ayangan (keinginan) sekarang sudah ulai di"ujudkan oleh %enyedia %roduk dan jasa -al ini tentunya e!a"a da%ak yang luar !iasa dala ko%osisi %erintaan tenaga kerja (la!or deand) Kinerja anusia sudah ulai tergantikan dengan esin dan %eralatan digital' sehingga ko%osisi %erintaan tenaga kerja terkini adalah %ara %encari kerja yang eiliki keahlian' ko%etensi dan tersertifikasi (skilled la!or) $eentara kita ketahui !ersaa' %encari kerja (jo! seeker) di Indonesia' didoinasi oleh tenaga kerja yang tidak terdidik' tidak terlatih dan ini akan tenaga kerja yang eenuhi kualifikasi skilled la!or ulusan $#K dihara%kan a%u untuk eenuhi ko%osisi tenaga kerja yang eenuhi kualifikasi skilled la!or terse!ut' naun %ada kenyataannya ketersera%an lulusan $#K di %asar kerja justru enunjukkan trend yang enurun ngka %engangguran ter!uka enunjukkan !ah"a lulusan $#K engalai kenaikan $killed a!or eru%akan salah satu syarat utlak dala %ersaingan %asar tenaga kerja yang odern 3ergeseran %asar kerja dan .e/olusi Industri kee%at se!agaiana telah dijelaskan di atas' enuntut lulusan $#K !ukan hanya tera%il' naun juga harus a%u !erfikir logis' kreatifitas dan ino/asi $alah satu cara yang !isa dite%uh adalah dengan engu!ah kurikulu $#K agar sesuai dengan ke!utuhan %asar dan re/olusi industri ter!aru