Penguatan Model Pembelajaran Inovatif : 1. Berpusat pada Keaktifan belajar siswa 2. Kontekstual 3. Aneka Sumber 4. Teknologi Pendidikan secara Integratif dengan materi yang diajarkan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan saintfik (5M, 7M,...dsb). Model Pembelajaran SCL : a. Cooperatif Learning, ex. STAD, Jigsaw, GI, dsb b. Problem Based Learning c. Project Based Cooperative Learning d. Pembelajaran Simulasi (Role Playing) Bapak/Ibu, begitu banyak model pembelajaran yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran. Sekiranya dari model-model tersebut bisakan bapak/ibu mengidentifikasi model yang sesuai dengan materi pembelajaran TIK/TKI yang diampu? bisa berikan satu contoh saja dan berikan alasan mengapa memilih model tersebut dalam materi pembelajaran yang bapak/Ibu ampu?
Jawaban
Model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran TKI yang dalam hal ini Teknik Komputer dan Jaringan khususnya mata pelajaran komputer dan jaringan dasar adalah: 1.
Problem Based Learning (PBL)
Adapun alasannya adalah:
Mengorientasi peserta didik pada masalah. Tahap ini untuk memfokuskan peserta didik mengamati masalah yang menjadi objek pembelajaran.
Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran. Pengorganisasian pembelajaran salah satu kegiatan agar peserta didik menyampaikan berbagai pertanyaan (atau menanya) terhadap malasalah kajian.
Membimbing penyelidikan mandiri dan kelompok. Pada tahap ini peserta didik melakukan percobaan (mencoba) untuk memperoleh data dalam rangka menjawab atau menyelesaikan masalah yang dikaji.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya. Peserta didik mengasosiasi data yang ditemukan d ari percobaan dengan berbagai data lain dari berbagai sumber.
Analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah. Setelah peserta didik mendapat jawaban terhadap masalah yang ada, selanjutnya dianalisis dan dievaluasi.
Sebagai salah satu contoh dalam pembelajaran computer dan jaringan dasar terdapat materi Mengenal jenis-jenis jaringan dan penerapannya dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam pembelajaran ini guru menayangkan video ilustrasi jenis-jenis jaringan, siswa mengamati dan mencari contoh jenis-jenis jaringan yang bisa dilihat dalam kehidupan bermasyarakat. Disamping itu siswa diminta untuk mencari solusi dari dampak adanya penerapan jaringan dalam kehidupan bermasyarakat bahkan mendunia
2.
Discovery learning
Adapun alasannya, hal ini disebabkan karena metode ini: (1) merupakan suatu cara untuk mengembangkan cara belajar siswa aktif; (2) dengan menemukan dan menyelidiki sendiri konsep yang dipelajari, maka hasil yang diperoleh akan tahan lama dalam ingatan dan tidak mudah dilupakan siswa; (3) pengertian yang ditemukan sendiri merupakan pengertian yang betul-betul dikuasai dan mudah digunakan atau ditransfer dalam situasi lain; (4) dengan menggunakan strategi discovery anak belajar menguasai salah satu metode ilmiah yang akan dapat dikembangkan sendiri; (5) siswa belajar berpikir analisis dan mencoba memecahkan problema yang dihadapi sendiri, kebiasaan ini akan ditransfer dalam kehidupan nyata. Dalam pembelajaran komputer dan jaringan dasar, dari aspek psikomotori (ketrampilan), guru menayangkan video langkah-langkah mengkonfigurasi IP address dalam jaringan berbasis Windows 7. Dan peserta didik diminta untuk melakukan konfigurasi IP address dalam jaringan berbasis Windows 8. Dalam hal ini peserta didik belajar berkelompok untuk memecahkan masalah bagaimana cara melakukan konfigurasi IP address dalam jaringan computer berbasis windows 8. 3.
Project Based Cooperative Learning
Alasannya dalam penerapan Project Based Learning, peserta didik memiliki peranan antara lain: Menggunakan kemampuan bertanya dan berpikir.
Melakukan riset sederhana.
Mempelajari ide dan konsep baru.
Belajar mengatur waktu dengan baik.
Melakukan kegiatan belajar sendiri/kelompok.
Mengaplikasikanhasil belajar lewat tindakan.
Melakukan interaksi sosial (wawancara, survey, observasi, dll).
Dalam pembelajaran computer dan jaringan dasar, peserta didik diminta untuk membuat proyek merancang dan menganalisa jaringan berbasis local (LAN) seperti merancang jaringan untuk WARNET atau RT/RW net. Peserta didik akan melakukan riset sederhana seperti mengunjungi warnet-wanet yang telah ada sebagai bahan perbandingan dalam menyelesaikan proyek yang ditugaskan oleh guru