Jawaban Forum Modul Profesional M2 KB2Full description
Peran Teknologi dan Media Rusiyanto Inst832_Unnes posted May 14, 2019 2:16 PM Kemajuan teknologi informasi saat ini sedemikian hebatnya, he batnya, bagaimana saudara dapat memanfaatkan teknologi itu, berikan pendapat saudara dan bagaimana implementasinya Nama No Peserta Mapel Kelas
: Fashihul Makmun : 19036042410088 : 832 - Teknik Mesin :A
Dalam Mengikuti perkembangan teknologi yang demikian hebatnya pada dekade ini sebagai guru dituntut untuk mampu mengikuti perkembangan dengan memanfaatkan teknologi informasi tersebut sesuai dengan arah tujuan pembelajaran yang diajarkan Penggunaan Perangkat Komputer dengan berbagi bentuknya dimaksudkan untuk mempermudah dalam menunjang kehidupan manusia. Perangkat teknologi informasi yang bisa dimanfaatkan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran dikelompokkan Perangkat Keras (Hardware) Perangkat Lunak ( Software) , Pengelola / SDM ( Brainware), Perangkat dalam Jaringan ( Netware). Peran guru di era digital abad 21 dalam d alam memanfaatkan teknologi Informasi Informasi dituntut mampu Melakukan Perubahan dalam Mengembangkan literasi dari bentuk Kertas/cetak menjadi digital dan ilustrasi. Penggunaan Media layar dan Proyeksi media (Proyektor/display/viewer) memudahkan Pemahaman terhadap pembelajaran siswa. Kemampuan dalam Penggunaan Internet Luas dalam pemanfaatan sebagai sumber belajar dari berbagai arah, dalam hal ini guru menjadi mitra belajar bagi siswa dengan mengarahkan pada pendekatan teknologi Informasi. Pemanfaatan Media komunikasi dalam jaringan nirkabel dalam hal ini media Internet (Interactive Tools) dan beriteraksi dengan yang lain ( Intercting with others) Implementasi yang bisa diterapkan dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komputer 1. Pemanfaatan Aplikasi Presentasi untuk menampilkan media belajar materi belajar memudahkan siwa tidak perlu mencatat secara detail materi yang akan disampaikan Guru. 2. Penggunaan vidio tentang penjelasan perangkat komputer yang mengharuskan siswa memperhatikan dan menganalisis benda yang terdapat di dalam dan mencari contoh nyata yang ada di dalam lingkungan
Trusted by over 1 million members
Try Scribd FREE for 30 days to access over 125 million titles without ads or interruptions! Start Free Trial Cancel Anytime.
Trusted by over 1 million members
Try Scribd FREE for 30 days to access over 125 million titles without ads or interruptions! Start Free Trial Cancel Anytime.
3. Penggunaan fasilitas internet sebagai salah satu sarana bagi siswa dan guru dalam menerima dan mengirim tugas dalam beberapa mata pelajaran dengan penggunaan fasilitas E-Mail 4. Pencarian sumber materi belajar di internet untuk memberikan pemahaman yang beragam dan mudah diterima oleh peserta didik. Melalui Penggunaan Search Engine (Googling, Wiki, BrightSpace, Linkedin dsb) 5. Pemanfaatan Media Penyimpanan Awan ( Cloud Storage) dalam menyimpan Materi pembelajaran, tugas, dan penilaian. Banyak penyedia media p enyimpanan yang bisa dimanfaatkan oleh Guru dan Siswa yang dapat di akses bersama (Google Drive, Dropbox, Media Fire, OneDrive Microsoft, dll) 6. Pemanfaatan aplikasi Simulator untuk melakukan experimen dan pengembangan keterampilan yang dapat diterapkan secara nyata. Sebagai contoh dalam bidang teknik pemesinan penggunaan software Swansoft dan masterCAM untuk pemanfaatan teknologi pemesinan menggunakan CNC ( computer Numerically Controled ). ). Aplikasi untuk Perencanaan Ke-teknikan berbantuan komputer CAD ( Computer Aided Design) misal Autocad, Solidwork, Catia, Dellcam, Autodesk Inventor. 7. Pemanfaatan Aplikasi Penilaian berbasis komputer atau dalam jaringan CBT ( Computer Based Test ) dan atau aplikasi Mobile Assesment
Kemampuan yang dapat dikembangkan guru untuk menunjukkan potensinya terkait tugas dan perannya 1. Interactive Instruction (Pembelajaran Interaktif ) 2. Personal Response System (PRS) 3. Mobile Assessment Tools 4. Community of Practice (Komunitas Praktik)